Hipnoterapis.id

Ada pengalaman  tidak menyenangkan yang memiliki kesan negatif ? berikut ini adalah salah satu teknik yang bisa jadi pas untuk dilakukan. Teknik ini diadaptasi dari teknik yang ada di dalam keilmuan NLP (Neuro Linguistic Programming). Teknik ini dapat digpergunakan untuk diri sendiri atau untuk membantu orang lain.

Langkah ke-1 Mengenal pola yang ada

Pada dasarnya setiap hal yang tersimpan di dalam pikiran memiliki pola yang unik. Ketika diminta untuk mengingat kejadian di tahun 2022, kejadian apa yang langsung terlintas..? Betul.. mungkin banyak kejadian tapi yang pertama kali langsung terlintas kejadian apa..? Baik, sudah dapat ..? sekarang perhatikan kejadian tersebut, apakah terbayang/tergambar dengan jelas, apakah ada suaranya, apakah ada rasa atau emosi tertentu..? Apapun yang muncul baik dalam bentuk visual, auditori atau kinestetik, itu adalah pola yang ada dari kejadian itu.

Jika ada kejadian yang berdampak negatif atau kejadian yang perlu keberanian untuk mengingatnya Kembali, kira-kira gambaran tentang kejadian itu hendak diubah dengan gambaran yang seperti apa..? (gambaran yang memberikan dampak positif dan berdaya)

Bila diumpamakan dengan foto dan video dalam smart phone, kita akan menyimpan moment suatu kejadian dalam bentuk foto atau video. Setiap foto atau video memiliki identitasnya sendiri, memiliki keunikannya masing-masing. Bisa jadi walaupun ada sepuluh orang di kejadian tersebut dan menangkap foto atau video dari kejadian tersebut, apa yang disimpan di smart phone nya beda-beda, memiliki originalitasnya masing-masing.

Sekarang bayangkan anda sedang menggunakan smartphone atau komputer, dan akan mengedit foto atau video yang berhubungan dengan kejadian yang tidak menyenangkan. Edit foto atau video tersebut semenarik mungkin.

Langkah ke-2 Temukan Pemicunya

Cari tahu ke dalam pikiran mengapa kejadian tersebut menjadi terasa negatif atau tidak diinginkan.

Kejadian yang berdampak negatif tersebut minimal memiliki tiga fase; fase sebelum kejadian, saat kejadian dan setelah kejadian. Jika kembali pada saat sebelum kejadian, seolah mengulanginya kembali, apa yang terlihat, terdengar dan terasa..? Lalu seolah mengalami kembali saat kejadian dan setelah kejadian. Apa yang hal yang benar-benar menjadi pemicu, mengapa kejadian tersebut menjadi kejadian yang memilki kesan negatife.

Langkah ke-3 Menempatkan Penggatinya

Sebelum mengganti gambaran atau video yang lama, siapkan gambaran atau video yang sudah diedit di Langkah ke-1. Keunikan dari teknik ini salah satunya adalah kecepatan dari proses penggantian gambar atau video sangat berpengaruh terhadap proses pemberdayaan ini.

Bayangkan seolah menjadi pesulap yang akan dengan cepat mengganti sebuah benda dengan benda yang lain, perlu kecepatan tangan untuk melakukannya. Semakin cepat perubahannya semakin menakjubkan, hingga penonton benar-benar tidak melihat dan menyadarinya.

Langkah ke-4  Pesulap Beraksi

Bayangkan seolah akan menampilkan pertunjukan sulap, dan melakukan suatu perubahan yang sangat cepat dan dramatis. Persiapkan gambar atau video yang memiliki kesan negatif berada di telapak tangan kiri, sedangkan foto atau video yang sudah diedit dan memiliki kesan positif berada di telapak tangan kanan.

Hadapkan telapak tangan kiri di depan wajah dan lihat foto atau video yang memiliki kesan negatif ada di telapak tangan kiri. Telapak tangan kanan disembunyikan terlebih dahulu, bebas posisinya yang terpenting tidak berdekatan dengan telapk tangan kiri.

Saat fokus melihat telapak tangan kiri dengan cepat ganti posisi telapak tangan kiri yang ada di depan wajah dengan telapak tangan kanan dan langsung lihat detail perubahan yang sudah dibuat.

Buat suatu efek tertentu, bisa dalam bentuk suara atau membayangkan seolah ada efek asap saat proses pergantiannya, sehingga benar-benar dramatisir dan merangsang otak kanan dan pikiran bawah sadar untuk terbuka.

Langkah ke-5 Ulangi Hingga Mahir

Lakukan berulang kali hingga benar-benar mahir melakukannya, sebelum mengulanginya lakukan proses jeda, bisa mengalihkan ke hal yang lain terlebih dahulu, seperti minum air mineral atau menarik dan menghembuskan nafas beberapa kali.

Lakukan hingga benar-benar merasakan pas dan seolah sudah berhasil menampilkan pertunjukan sulap yang spektakuler.

Langkah ke-6 Test Perubahan

Setelah benar-benar berhasil menampilkan pertunjukan spektakuler, mengubah gambaran negatif menjadi positif, selanjutnya coba lakukan sebuah test untuk mengingat kejadian yang memberikan kesan negatif tersebut, jika sudah benar-benar berhasil melakukan teknik ini maka terasa sulit untuk mengingat gambaran awalnya karena yang melekat saat ini adalah foto atau video yang sudah diedit dengan kesan yang positif.

Saran Tambahan

Silahkan lakukan modifikasi untuk disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, sekreatif dan seimajenatif mungkin. Bisa membuat sebuah analogi sendiri untuk mempermudah melakukannya dan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *